KOLABORASI DENGAN KEMENTERIAN KOMINFO, PEMKAB ACEH TAMIANG GELAR PELATIHAN THEMATIC ACADEMY

SUARA GARDA | ACEH TAMIANG Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominsa) bekerja sama dengan Balai Besar Pengembangan Sumberdaya Manusia dan pelatihan (BBPSDMP) Kementerian Kominfo Medan menyelenggarakan pelatihan Thematic Academy dengan tema Aplikasi Perkantoran dan Desain Grafis bagi Guru dan Tenaga Pendidik bertempat di Aula Diskominfo.

Membaca sambutan Pj. Bupati Aceh Tamiang, Dr. Drs. Meurah Budiman, SH,MH, Kepala Diskominsa, Bastian menyampaikan, pemkab mengapresiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI atas program-program peningkatan kapasitas sumber daya yang ada.

Dijelaskan Bastian, pemkab berharap pelatihan Thematic Academy yang merupakan bagian Digital Talent Scholarship tersebut menjadi sebuah kesempatan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing serta mempertahankan produktivitas di era Industri.

“Harapan bersama kita bersama, seluruh masyarakat terkhusus yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, karena pelatihan ini dilaksanakan secara gratis tanpa dipungut biaya,” jelas Bastian.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Yusrizal pada pembukaan menuturkan, Pelatihan yang diadakan melalui Gerakan Nasional Literasi Digital.

“Didasarkan pada 4 pilar utama, yakni digital skills, digital culcute, digital ethics, dan digital safety, yang diberikan pada kelompok-kelompok masyarakat yang lebih spesifik agar pelatihan yang diberikan lebih tepat sasaran dan makin tepat guna”, ucapnya menerangkan.

Lebih lanjut Yusrizal menambahkan, untuk Digital Talent Scholarship, berbagai pelatihan digital dengan topik-topik seperti cloud computing, artifical intelligence, big data analytics, digital marketing, dan berbagai kecakapan digital teknis lain yang semakin dibutuhkan di era digital dapat di pilih oleh peserta DTS melalui 7 bidang academy, yakni Fresh Graduate Academy (FGA), Vocational School Graduate Academy (VSGA), Digital Entepreneurship Academy (DEA).

Seterusnya, ada Thematic Academy (TA), Profesional Academy (Pro A), Government Trasformatioan Academy (GTA), dan Talent Schouting Academy (TSA).

“Selain Pelatihan teknis, DTS juga memberikan fasilitasi sertifikasi global bagi peserta yang berminat dan menunjukkan performa yang baik”  tukas Yusrizal lagi.

Pelatihan Thematic Academy dengan tema Aplikasi Perkantoran dan Desain Grafis bagi guru dan tenaga pendidik dilaksanakan melalui kerjasama kemitraan DTS antara BBPSDMP Kominfo Medan dan Pemkab Aceh Tamiang melalui Dinas Kominfo dan Informatika, yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 14-16 Februari 2023 di SMP Negeri 1 Karang Baru.

“Usai pelatihan, peserta juga akan kita berikan sertifikat,” pungkas Yusrizal.

Hadir dalam pelatihan ini, Kadis Kominsa, Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Tengku Budi Dharma, dan 80 peserta pelatihan yang berasal dari satuan pendidikan di lingkungan Pemkab Aceh Tamiang. [m.rotuah]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *