oleh

Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-113 TA 2022

SUARA GARDA | LANGKAT Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-113 TA 2022 yang dilaksanakan di Desa Lama Baru, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, dilaksanakan di Aula Makodim 0203/LKT, yang beralamat di Jalan Jend Sudirman, Kecamatan Binjai Kota, Kamis (9/6).

Mengusung tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI” pelaksanaan penutupan TMMD Ke-113 ini dihadiri oleh Danrem 022/PT Kol Inf. Luqman Arief SIP, Walikota Binjai diwakili oleh Kakesbangpol Drs T Sarifuddin, Bupati Langkat di wakili oleh Staf Ahli Bidang SDM dan Sosial Kemasyarakatan H Sujarno.Sos M.Si, Dandim 0203/LKT Letkol Inf Wisnu Joko Saputro, Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting Sik MH, Kapolres Langkat diwakili oleh Wakapolres Kompol Hendri Nupia Dinka Barus SH.SIK, Kajari Binjai di wakili oleh Kasi Intel M Harris SH MH, Pengadilan Negeri Binjai diwakili oleh Hakim Muktar SH MH, Danyonif Raider 100/PS Letkol Inf. M Bassarewan, Danyon Marinir 8 Harimau Putih diwakili oleh Dankima  Kapten Mar Tulus Krido, Anggota DPRD kota Binjai dari fraksi PKS yang juga ketua Komisi A Marasonang Lubis S.Sos, Plt Kadis PU Langkat Khairul Azmi S.Stp, dan Seluruh Perwira/Staf, serta Danramil 01 – 18 Kodim 0203/LKT.

Menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan do’a menjadi kegiatan pembuka dalam acara ini serta dilanjutkan dengan laporan hasil pelaksamlnaan dari Dansatgas TMMD Ke-113 TA 2022 ini.

“TMMD Ke-113 ini salah satunya berdasarkan Surat Telegram Danrem 022/PT. Sebelum melaksanakan kegiatan TMMD, kita terlebih dahulu pra TMMD yang dilaksanakan mulai 6 April hingga 10 Mei 2022. Sedangkan kegiatan inti berupa TMMD, dilaksanakan mulai 11 Mei hingga 9 Juni 2022,” tegas Letkol Inf. Wisnu Djoko Saputro.

Lebih lanjut dikatakan Perwira Menengah TNI yang juga menjabat sebagai Dandim 0203/LKT ini, ada 5 sasaran fisik dalam kegiatan TMMD Ke-113 TA 2022 ini.

“Seperti pembuatan badan jalan, rehab gereja, rehab lokal sekolah, rehab mesjid, serta pembuatan 2 buah pos kamling. Seluruh sasaran fisik ini hasilnya 100 persen,” urainya.

Sedangkan untuk kegiatan non fisik, lanjut Dandim 0203/LKT, kami memberikan beberapa penyuluhan. “Untuk sumber dananya berasal dari dana Swakelola,” ucapnya.

Ucapan terima kasih pun disampaikan Plt Bupati Langkat yang diwakili oleh Staf Ahli SDM dan Sosial Kemasyarakatan Pemkab Langkat, Sujarno, kepada Danrem 022/PT, Dandim 0203/LKT serta seluruh pihak yang telah ikut membantu dan berpartisipasi dalam TMMD Ke-113 TA 2022 yang dilaksanakan di Desa Lama Baru, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat.

“Alhamdulillah, karena luwesnya Dandim yang juga dipercaya sebagai Dansatgas dalam TMMD ini, sehingga anggaran tersebut disetujui oleh DPRD dan bisa dicover,” ungkap Sujarno.

Ia juga menambahkan, hasil dari TMMD ini tentunya sangat hlbermanfaat bagi mayarakat, khususnya warga sekitar. “Selain dapat memperpendek jarak tempuh, kedepannya semoga dapat membantu perekonomian masyarakat,” tuturnya.

Dengan dilaksanakannya TMMD di Desa Lama Baru, Kecamatan Sei Lepan, lanjut Sujarno, hal ini membuktikan bahwa TNI sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Bahkan Pemkab Langkat dapat lebih mudah menggerakkan roda Pemerintahan.

“Semoga hal ini bisa ditindaklanjuti oleh Dinas PUPR dengan melakukan pengerasan berupa pengaspalan sehingga dapat lebih meningkatkan kualitasnya,” harap Sujarno.

Ditempat yang sama, Pangdam I/BB selaku pengendali kegiatan operasional (PKO) dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danrem 022/PT, Kol Inf. Luqman Arief SIP, menegaskan, pelaksanaan TMMD merupakan bagian dari Operasi Bhakti TNI.

“Kita ketahui bahwa TMMD merupakan bagian dari operasi Bhakti TNI, diwujudkan dengan cara membantu pemerintah daerah dalam menyiapkan dan memperbaiki infrastruktur serta mengakselerasi program pemerintah daerah, yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan Pangdam l/BB, TMMD ini juga merupakan upaya kita bersama dalam melestarikan warisan budaya para pendahulu kita yang selalu bekerja sama bahu membahu antar setiap elemen masyarakat dalam setiap kegiatan yang dikenal dengan istilah Gotong Royong.

“Saya selaku Pangdam I/BB sebagai pengendali kegiatan operasional TMMD, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Langkat,  serta semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan TMMD ke-113 dengan aman dan lancar sesuai dengan rencana,” demikian ungkap Pangdam l/BB, seraya menambahkan, melalui program fisik dan non fisik tersebut, TMMD dapat memberikan landasan kehidupan berbangsa dan bernegara yang selaras dengan cita cita bangsa, yaitu mewujudkan NKRI yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Informasi yang diterima awak media, adapunbpersonel yang terlibat dalam TMMD ini adalah, Dansatgas dan staf Satgas sejumlah 15 orang, tim Asistensi dan Penyuluh sejumlah 16 orang, tim Kesehatan Lapangan sejumlah 5 orang, tim Konsultan sejumlah 4 orang,

SSK Satgas sejumlah 110 orang, Yonif 100/Raider 25 orang, Yon Kav 6/NK sejumlah 25 orang,

Yon Zipur 1/DD sejumlah 30 orang, Yonif Marinir 8/TL sejumlah 10 orang, Kosekhanudnas III Medan sejumlah 10 orang, serta Yon Brimob A Binjai sejumlah 10 orang.

Penandatangan naskah berita acara serah terima hasil pekerjaan oleh Dandim 0203/LKT dan Bupati Langkat, juga menjadi bagian dalam kegiatan ini. [KP]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.