TMMD ke-118 Resmi Dibuka, Pelaksanaannya di Kecamatan Bahorok

SUARA GARDA | LANGKAT Plt.Bupati Langkat H Syah Afandin SH diwakilkan oleh Sekdakab Langkat H Amril S Sos M AP menjadi Inspektur Upacara Pembukaan TMMD Ke-118 Tahun Anggaran 2023 bertempat di Lapangan Sepak Bola Kelurahan Pekan Bahorok, Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, pada Rabu (20/9/2023).

Giat ini bertema: “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”.TMMD Ke-118 resmi dibuka ditandai dengan pemukulan gong oleh Inspektur upacara oleh Sekdakab Langkat H Amril S Sos M SP.

Sambutan tertulis Plt Bupati Langkat Syah Afandin di bacakan oleh Amril. “Puji syukur kepada  Allah subhanahu Wa ta’ala Tuhan yang maha kuasa atas izin beserta ridhonya kita dapat hadir bersama untuk mengikuti upacara pembukaan TNI manunggal masuk desa atau TMMD ke 118 tahun 2023 untuk Kabupaten Langkat dipusatkan di Kecamatan Bahorok,” ucapnya.

Dijelaskan Amril, apa yang dilakukan oleh jajaran TNI melalui Bapak Dandim 0203 Langkat sungguh tepat dengan menetapkan daerah ini sebagai lokasi dilaksanakannya TMMD. Sebab Kecamatan Bahorok sebagai wilayah paling hulu dari Kabupaten Langkat merupakan daerah wisata yang memang membutuhkan perhatian lebih dalam upaya mewujudkan visi Kabupaten Langkat yaitu “Menjadikan Langkat yang maju sejahtera dan religius melalui pengembangan pariwisata dan infrastruktur yang berkelanjutan”.

“Sejalan dengan momentum ini saya berharap seluruh masyarakat di daerah ini dan terutama unsur pejabat pemerintahan mulai dari camat, lurah hingga kepala lingkungan agar benar-benar menunjukkan partisipasinya dalam kegiatan TMMD ini. Sebab apa yang dikerjakan adalah demi kemajuan daerah kita, untuk itu tidak ada kata lelah dalam tugas guna kepentingan bersama,” ucap Amril.

“Untuk itu kepada orang tua kami tokoh agama maupun pemuka adat serta tokoh pemuda untuk saling bahu membahu dalam memberikan dukungan atas pelaksanaan kegiatan ini sehingga seluruh rangkaian kegiatan TMMD ke 118 tahun 2023 dapat terselesaikan dengan lancar,” tambah Amril.

Atas nama masyarakat dan pemerintah Kabupaten Langkat, Amril menyampaikan rasa hormat kepada Bapak Dandim 0203 Langkat selaku pengendali operasional kegiatan beserta seluruh kepala satuan TNI Polri maupun jajaran yang terlibat dalam pelaksanaan TMMD ini.

“Dan akan hal ini kami haturkan rasa terima kasih semoga segala kebaikan bagi kehormatan TNI dan rakyat akan memberikan berkah tersendiri bagi jajaran Kodim 02 03 Langkat khususnya,” ujar Amril.

Selanjutnya kepada seluruh jajaran prajurit yang tergabung dalam satgas TMMD ke-118  disampaikan Amril, selamat melaksanakan tugas ingatlah bahwa bakti ihklas  yang diberikan dalam pelaksanaan tugas TMMD ini adalah bagian dari amal ibadah yang mengandung unsur cinta tanah air dan bangsa.

Giat dilanjutkan dengan penyerahan tali asih bantuan sembako dari Kodim 0203/LKT kepada masyarakat kaum dhuafa sebanyak 25 orang. Dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara/Penyerahan pelaksanaan pekerjaan TMMD Ke-118 TA 2023. Penyematan tanda peserta kegiatan dan penyerahan perangkat  kerja secara simbolis oleh Inspektur upacara.

Bertindak sebagai komandan upacara Kapten Inf Sudirman dan perwira upacara Kapten Armed Amir Hutahuruk

Sebelumnya, pembacaan laporan kegiatan oleh Kasatgas TMMD Letkol Inf M Eko Prasetyo Dalam rangka pelaksanaan kegiatan TMMD Ke-118 TA.2023 di wilayah Kodim 0203/LKT di laporkan sebagai berikut:

Pelaksanaan kegiatan TMMD

1.Waktu

– Pra TMMD tanggal 21 Agustus s.d 19 September 2023

– Pelaksanaan TMMD tanggal 20 September s.d 19 Oktober 2023

2.Tempat di Desa Timbang Lawan Kec.Bahorok Kabupaten Langkat

3.Adapun sasaran kegiatan fisik meliputi :

– Pelebaran badan jalan sepanjang 2500 m dengan lebar 3 m yang menghubungkan dusun IX menuju dusun VI desa Timbang Lawan Kec.Bahorok

– Pembuatan 2 (dua) unit jembatan 6m x 5m

– Pembuatan Platdecker sebanyak 6 unit

– Penambahan lebar Platdecker sepanjang 1m x 5m sebanyak 3 (tiga ) unit di dusun lV Desa Timbang Lawan Kec Bahorok

– Rehab Musholla Al Mujahirin di dusun ll desa Timbang Lawan Kec Bahorok

– Pembuatan gorong – gorong sebanyak 5 (lima) unit 80cm x 5 m

– Pembuatan Pos Kamling sebanyak 2 (dua) ukuran 2m x 3m

Kegiatan non fisik :

– Penyuluhan Bela Negara

– Penyuluhan Wawasan Kebangsaan

– Penyuluhan Pertanian

– Penyuluhan Hukum dan Kamtibmas

– Penyuluhan Narkoba Dsb..

Personil yang terlibat sebanyak 110 orang terdiri dari: Yon Arhanud 11/WBY , Yon Zipur 1/DD, Yonif 8 Marinir Harimau Putih /TL, Kosheknud lll Medan, Yon Brimob Binjai dan Polres Langkat

Sumber dana berasal dari:

– Swakelola dengan Pemkab Langkat sebesar Rp.1.816.000.0000,- ( Satu Milyar Delapan Ratus  Enam Belas Juta Rupiah )

– Markas Besar TNI sebesar Rp.382.000.000,- (Tiga Ratus Delapan Puluh Dua Juta Rupiah)

Turut hadir Danrem 022/PT Kolonel Inf Agustatius Sitepu S Sos M Si, Para Dandim Jajaran Korem 022/Pantai Timur, Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat Husin Simatupang SIK SH MH, Kepala BNN Kabupaten Langkat AKBP Saharuddin Bangko SH MH, Danyon Arhanudse ll /WBY, Danyon Riader 100/PS, Mewakili Kajari Langkat Syakdan Hamidi Nasution SH (Kasubsi Penuntutan), Para Danramil jajaran Kodim 0203/LKT, Mewakili Ka Pengadilan Negeri Stabat.

Serta Kadis PUPR Khairul Azmi SSTP, Kadis PPKB dan PPA dr Sadikun Winato MM, Mewakili Kepala Bappeda Roni Gultom ST (Kabid Fispra), Mewakili Kadis Kesehatan, Erwinsyah Siregar (Kabid Kesmas), Camat Bahorok Robby Deritawan Sitepu SE M.SP, Kapolsek Bahorok AKP Doni Gunawan, Pimpinan Perusahaan BUMN/BUMD Kec Bahorok, Tokoh Masyarakat Langkat Hulu Bapak Sekula Kembaren, Kades Timbang Lawan, Malik Nasution, Para Kades/Lurah Se-Kecamatan Bahorok. [Wahyu/Rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *